Rabu, 14 Oktober 2015

LINUX


Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/) adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sember terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.
Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh linus trovald. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh richard stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.
Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti intel, Dell, hewllet-package, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun microsystem. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer dekstop, super komputer , dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video (ps2,ps3,xbox), telepon genggam dan router. Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti miccrosoft windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software).
Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basis data tampilan dekstop (desktop environment) seperti GNOME, KDE dan Xfcc juga memiliki paket operasi (office suite) seperti office xorg, Abid word,gnumeric dan libree office.

1.ANDROID

Saat ini, siapa yang tidak mengenal Android. Sistem operasi yang dikembangkan awalnya oleh perusahaan bernama Android Inc. yang kemudian dibeli oleh Google di tahun 2005 ini saat ini adalah platform terpopuler di dunia. Adroid berbasis Linux, dengan modifikasi khusus untuk mengoptimasi kinerjanya di perangkat mobile, Android dirilis dengan lisensi Apache versi 2.0 yang dikenal business-friendly. Perangkat Android yang populer antara lain: Samsung Galaxy, Sony Experia, Google Nexus, LG Optimus, dan HTC Sense.

2.BADA

Bada adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Samsung, dan digunakan dalam lini produk Samsung Wave. Arsitektur Bada memungkinkannya menggunakan berbagai jenis kernel: RTOS, Lainux, atau BSD. Bahkan, dalam implementasinya saat ini bada belum menggunakan kernel Linux. Bada menggunakan lisensi tertutup (proprietary).


 3.UBUNTU FOR PHONES

Sistem operasi ini diperkenalkan awal tahun 2013 oleh Canonical, yang juga mengembangkan Ubuntu untuk PC/Server. Ubuntu for phones dikembangkan dari kernel Linux dan modifikasi/driver Android, sehingga diharapkan akan mudah diadopsi oleh vendor hardware berbasis Android. Keistimewaan Ubuntu for phones adalah konvergensi dengan desktop.
Saat perangkat mobile berbasis Ubuntu dipasang pada dock yang terhubung ke perangkat I/O PC seperti monitor, keyboard, dan mouse, perangkat mobile akan berfungsi layaknya CPU pada sebuah PC, dan tampilan di monitor adalah desktop Ubuntu (Unity) yang berfungsi penuh. Ubuntu for phones, seperti versi Ubuntu lainnya dirilis dengan lisensi GNU GPL.

4.    FIREFOX OS
 


Awalnya dikenal dengan nama Boot to Gecko (B2G), sistem operasi ini dikembangkan oleh Mozilla Foundation yang juga mengembangkan browser Mozilla Firefox dan client e-mail Mozilla Thunderbird. Firefox OS mengintegrasikan aplikasi web berbasis HTML5 ke dalam hardware menggunakan JavaScript. Firefox OS dapat dijalankan pada perangkat berbasis Android.

5.    MEEGO

MeeGo adalah gabungan dari dua projek: Maemo (Nokia) dan Moblin (Intel). MeeGo digunakan untuk produk smartphone Nokia N950 dan N9, dan dalam beberapa produk netbook seperti Asus Eee PC X101 dan Fujitsu Lifebook MH330. Setelah Nokia menandatangani kerja sama dengan Microsoft di tahun 2011, projek MeeGo dihentikan. Sebagian karyawan Nokia yang terlibat dalam pengembangan MeeGo kemudian keluar dan mendirikan Jolla yang mengembangkan sistem operasi Sailfish OS sebagai penerus MeeGo. Sementara, Linux Foundation yang sebelumnya menjadi pusat pengembangan MeeGo menggantikannya dengan Tizen, dengan dukungan Intel dan Samsung.

6.SAILFISH

 Projek ini dikembangkan oleh jolla, yang dibentuk oleh para pengembang MeeGo yang keluar dari Nokia setelah penghentian pengembangan sistem operasi terebut. Sailfish OS dikembangkan berbasis mer, yang merupakan cabang (fork) dari MeeGo, ditambahkan Jolla UI, dan Qt/QML serta HTML5 sebagai perangkat pengembangannya.

7.    TIZEN


Setelah dihentikannya pengembangan MeeGo oleh Nokia, Intel bersama Samsung menginisiasi Tizen sebagai pengganti MeeGo, bersama Linux Foundation. Samsung berencana merilis perangkat berbasis Tizen di awal tahun 2013. Tizen bisa dikatakan sebagai penerus MeeGo, namun banyak dilakukan perubahan dalam arsitektur pengembangan, yang menggunakan EFL (Enlightenment Foundation Libraries) dan Webkit Runtime. Tizen dirilis dengan sejumlah lisensi open source antara lain Apache versi 2.0, BSD, dan LGPL.

8.   WEB OS
Pada awalnya, WebOS dikembangkan oleh Palm untuk perangkat Palm Pre. HP membeli Palm, dan menggunakan WebOS dalam produk tablet TouchPad. Setelah kegagalan HP TouchPad, WebOS dirilis dalam lisensi Apache versi 2.0.

9. Access Linux Platform (ALP) dan pada awalnya dikembangkan sebagai kelanjutan dari Palm OS. Rilis terakhirnya terlihat lebih modern dan tidak lagi mirip dengan Palm OS. Komponen ALP dirilis dalam beberapa lisensi open source, antara lain GPL, LGPL, dan MPL.


10.                       SHR

Stable Hybrid Release, yang selanjutnya dikenal sebagai SHR adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan berbasis OpenEmbedded dan Openmoko Linux. SHR dirilis dengan lisensi GNU GPL.


Analisa : Jadi linux ini bersifat open source terbuka dan bebas sehingga untuk mendapatkannya tidak memerlukan biayaya dan semuanya bias di utak atik. Lebih unggul juga dalam keamanan karena linux merupakan system operasi yang multiuser sehingga ketika virus menyerang user tertentu, maka akan sangat sulit untuk menyebar keuser lainnya. Linux juga mempunyai kekurangan yaitu yang pertama user belum banyak yang bias mengunakan nya karena banyak orang lebih biasa menggunakan windows.
DAFTAR PUSTAKA
https://id.wikipedia.org/wiki/Linux#Sejarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts