Kamis, 29 Oktober 2015

KOMPONEN DASAR SISTEM KOMUNIKASI DATA



System komunikasi data dapat dibagi menjadi tiga komponen :
1.    Sumber komunikasi, yaitu permulaan pesan yang dikirimkan.
      2.   Media komunikasi, yaitu jalan fisik yang dilalui perjalanan pesan.
2.  Penerima (kadang-kadang disebut sink atau host komunikasi, yaitu penerima pesan).

Dalam banyak hal, computer merupakan pengirim dan penerima,. Media nya dapat berupa jalur sewa dari perusahaan telepon (juga disebut comm0n carrier), jalur coaxial pemilik, fiber optic, microwave,satelit, atau fasilitas lain. System ini meliputi computer atau terminal yang bertindak sebagai pengirim, modem, kabel, penghubung, peralatan pengubah telpon, fasilitas saluran pertukaran, penerima, dan computer host. Bagian bagian dalam gambar 1-1 akan diterangkan secara lengkap namun, sementara kita lihat garis besarnya dulu.
Computer dan terminal digunakan untuk memasukan informasi. Alat tersebut dapat berupa alat yang ditempelkan kenikrokomputer atau mainframe,atau mikrokomputer dengan keyboard atau printer , atau dapat pula berupa mesin FAX, atau alat apasaja masukan yang lain. Modem adalah peralatan elektronik yang mengubah sinyal digital yang dihasilkan dari mesin computer atau FAX menjadi signal analog. Dengan demikian, peralatan telepon akan mengertnya. Signal berjalan dari modem kepengubah telepon local yang menghubungkan rumah atau kantor kr kantor pusat perusahaan telepon atau perusahaan penyebar lain.
Kantor pusat (kadang-kadang disebut kantor pertukaran) mempunyai fasilitas pengubah dan pengendali yang dioperasikan oleh perusahaan telepon. Semua panggilan dan pertukaran data harus dialirkan melalui fasilitas ini jika tidak ada jalur sewa. Jika ada jalur sewa, perusahaan telepon akan memberikan penghubung jalur dengan lewat peralatan pengubah untuk menghindari terputusnya jalan aliran.
Saluran (chanel) pertukaran (IXC) merupakan jalur sirkuit yang menghubungkan suatu kantor pertukaran pusat ke kantor lain. Jalur sirkuit dapat berupa microwave, satelit, kabel koaksial, atau media fisik lain.
Ada banyak computer lain yang dapat digabungkan kesistem komunikasi data pada gambar 1-1.


DAFTAR PUSTAKA
Pengantar Komunikasi Data, D.SURYADI H.S. , Juli 1996, Universitas Gunadarma
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts