Minggu, 15 November 2015

VIDEO STUDIO 9

Ulead VideoStudio adalah sebuah software untuk editing video yang dapat dilakukan di PC atau dengan kata lain diperuntukkan sebagai editing video amatir. Dengan menggunakan Ulead VideoStudio pengeditan video sederhana seperti hasil shooting dengan menggunakan handycam dapat dilakukan. Pengeditan yang dapat dilakukan dengan menggunakan Ulead VideoStudio meliputi capture hasil shooting, memotong dan menyambung klip video, menambahkan teks keterangan pada klip, menambahkan suara dan musik, serta memberikan efek – efek tambahan lain seperti transisi antar klip. Seperti software lain, Ulead VideoStudio 9 memiliki spesifikasi minimal yang diperlukan agar dapat dipergunakan pada PC. Spesifikasi komputer yang high end seperti ukuran harddisk, kecepatan RAM dan prosessor akan sangat mempengaruhi proses pengeditan dan render video yang dilakukan. Berikut ini adalah spesifikasi minimal yang diperlukan untuk Ulead VideoStudio 9 :  Intel® Pentium® IV 2.0 GHz CPU  Microsoft® Windows® 2000, XP Home Edition/Professional/Media Center Edition  256MB of RAM (512MB atau lebih)  1GB dari sisa space harddisk untuk instalasi program  4 GB+ space harddisk video capture dan editing BAB 2 7  Windows-compatible display dengan resolusi 1024x768  Windows compatible sound card CDROM, CD-R/RW or DVD-R/RW Setelah mengetahui spesifikasi minimal yang diperlukan kita dapat meng-instal Ulead VideoStudio 9 pada PC dan dapat memulai mempelajari dan atau melakukan proses editing video.

Tampilan Awal Ulead VideoStudio 9 (Welcome Screen)

 Pertama kali membuka VideoStudio 9 akan tampil sebuah Welcome screen, yang menampilkan 3 menu aplikasi yaitu : DV-toDVD Wizard merupakan menu yang digunakan untuk mentrasfer data kaset ke cd; Movie Wizard digunakan untuk mengedit secara otomatis dari beberapa klip video dan VideoStudio Editor untuk membuat video secara manual.  
Pengeditan video yang akan dibahas pada modul dan workshop adalah dengan menggunakan VideoStudio Editor. Subbab selanjutnya akan menjabarkan mengenai elemen – elemen yang terdapat pada VideoStudio Editor.

Elemen – Elemen Layar Ulead VideoStudio 9 Setelah dilakukan pemilihan VideoStudio Editor pada welcome screen akan ditampilkan layar yang akan dipergunakan untuk melakukan proses video editing, seperti yang ditunjukkan pada gambar 2.2. Berikut penjelasan mengenai elemen – elemen yang terdapat pada layar Ulead VideoStudio 9: 

1 Panel Step Berisi 7 step yang digunakan dalam pembuatan video klip, yaitu : capture, edit, effect, overlay, title, audio dan share. 

2 Menu Bar Berupa menu yang terdiri atas beberapa perintah, seperti menu file, edit, klip, tools. 

3 Panel Option Adalah panel yang bertugas menampilkan setting dari sebuah fungsi yang dijalankan, terdiri atas controls, buttons, dan 1 2 3 4 5 6 7 Gambar 2.2 Elemen-elemen Layar VideoStudio 9 9 informasi lainnya dari sebuah klip video yang dapat diubah sesuai dengan keinginan kita.

4 Jendela Preview Adalah tempat menampilkan klip yang sedang aktif, video filter, effect, atau teks/title.

5 Panel Navigasi Adalah panel yang berisikan tombol – tombol untuk memainkan sebuah klip atau memotongnya yang terdiri atas tombol playback, rewind, forward, dan lainnya. 

6 Library Adalah tempat penyimpanan klip-klip, efek, file suara yang sering dipergunakan dalam video. 

7  Timeline Adalah tempat untuk melakukan penyusunan dan pengeditan video yang termasuk dalam project. Setelah kita mengetahui elemen – elemen yang terdapat pada Ulead VideoStudio 9, kita dapat memulai proses editing video. 2.2 Tahap Awal Proses Editing Video Proses editing diawali dengan membuat project, dan pemasukkan (import) file yang diperlukan ke dalam library dan timeline. 

Menyimpan, Membuka dan Membuat Project Baru Klip video yang telah dibuat disimpan terlebih dahulu didalam proyek (project) yaitu dengan cara mengklik menu File > Save atau File > Save as. Selanjutnya akan tampil kotak dialog Save As, disini ditentukan path dan folder untuk melakukan penyimpanan file. Untuk membuka project yang telah dibuat dilakukan dengan cara mengklik menu File > Open Project, setelah itu dipilih project yang ingin dibuka. 10 Untuk membuat proyek baru dilakukan dengan cara mengklik menu File > new Project, atau dengan tekan kombinasi [Ctrl+N] pada keyboard.  Import Klip Pemasukkan (import) klip dilakukan untuk pemasukkan file dari luar hasil shooting kedalam video ulead 9 sehingga dapat dipergunakan sebagai salah satu hasil komposisi video. Hasil import tersebut dapat dimasukan kedalam timeline dan disusun didalam timeline agar nantinya dapat dibuat sebuah rangkaian video yang diinginkan.


DAFTAR PUSTAKA
Modul Workshop Video Studio 9 Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts